Sabtu, 09 April 2016

Jurnal IPS_1

Diposting oleh Unknown di 09.13


Nama   : Mimin Dwi Jayanti
NiM     : 150210204089
Kelas   : A
JURNAL



Pada awal perkuliahan mata kuliah Pendidikan IPS yaitu pada tanggal 15 Februari 2016, Bu Yayuk hadir tepat waktu dan melakukan perkenalan kepada mahasiswa yang belum pernah diajar oleh beliau.Pada hari itu saya mendapatkan banyak motivasi dari beliau. Salah satu nya beliau mendapatkan nilai A semua untuk semester ini , tentu semua orang  bisa memperoleh nilai seperti Bu Yayuk apabila ada kemauan dan niat untuk belajar. Pada pertemuuan awal tersebut, Bu Yayuk belum memberikan materi, namun menyuruh mahasiswa untuk membuat kelompok. Pada saat itu anggota kelompok saya 8 anak dengan nama kelompok Nakula. Setelah itu Bu Yayuk membagikan silabus kepada setiap kelompok. Ketika diundi saya mendapatkan urutan maju nomor 3.
           
Pertemuan selanjutnya yaitu pada tanggal 16 Februari 2016, Bu Yayuk memberikan materi yang pertama mengenai Pengertian dan Tujuan Pendidikan IPS. Ketika pemberian materi Bu Yayuk selalu menampilkan PPT melalui  LCD proyektor  Bu Yayuk lebih sering menggunakan Buku dari Luar Negeri sebagai sumber pembelajaran, sehingga tidak heran jika beliau sering menjelaskan dengan bahasa Inggris. Pada hari itu tidak hanya materi yang saya peroleh, namun juga motivasi dari beliau, bahwa kita sebagai manusia jangan pernah merasa puas untuk mencari ilmu, namun kita harus terus dan terus belajar. Beliau berada di Amerika Serikat selama 10 tahun, namun hati dan jiwa Bu Yayuk tetap untuk Indonesia. Motivasi yang diberikan oleh beliau dapat kita teladani.
 Setelah itu Bu Yayuk melanjutkan materi kedua yaitu Pendekatan Pembelajaran IPS di SD . pada materi tersebut saya mengenal pendekatan Expanding Environment Approach berdasarkan lingkungan anak. Ternyata dalam perkembangan seorang anak untuk menyesuaikan diri dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pada pertemuan ketiga, tanggal 22 Februari 2016, waktunya kelompok 1 untuk presentasi mengenai isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat. Kelompok 1 memilih topik Kalijodo. Menurut saya topik tersebut sangat menarik untuk diperbincangkan. Para audience juga menyimak pemaparan materi yang diberikan dengan baik.
Bu yayuk sempat bercerita bahwa beliau pernah memberikan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga yang menganggur. Disana Bu yayuk memberikan wadah untuk ibu-ibu yang ingin lebih baik perekonomiannya dengan memanfaatkan keterampilan masing-masing. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Bu Yayuk sangat berguna dan memberikan keuntungan di berbagai pihak. Suatu saat nanti saya berharap dapat bermanfaat untuk menolong orang lain.
Pertemuan ke 4 pada hari Selasa, 23 Februari. Bu Yayuk mengaplikasikan pendekatan Expanding Environment Approach, dengan menyuruh beberapa mahasiswa untuk maju kedepan kelas seolah-olah menjadi anak SD untuk memperkenalkan  diri sendiri. Kemudian mahasiswa yang berasal dari Papua mencoba maju dan menceritakan budaya yang ada disana,.Pada hari itu banyak pelajaran yang saya peroleh dari mereka.
Pertemuan selanjutnya, tanggal  29 Februari 2016. Waktunya kelompok 2 untuk presentasi mengenai Pendekatan Expanding Environment. Namun Bu yayuk sedikit telat untuk masuk kekelas. Disana Bu Yayuk sangat tidak setuju dengan adanya orang tua yang otoriter. Orang tua seharusnya mengerti apa yang menjadi kemauan seorang anak.
Pada tanggal 1 Maret 2016 Bu yayuk memberikan materi mengenai Metode, Strategi serta aplikasinya. Pada hari itu saya sangat memperhatikan penjelasan dari Bu Yayuk. Karena presentasi berikutnya adalah kelompok saya. Setelah kuliah selesai kelompok kami sempat berkonsultasi mengenai materi yang akan saya presentasikan.  
Pada pertemuan selanjutnya pada hari Senin tanggal 3 Maret 2016. Kelompok saya menyajikan materi Metode, Stategi dan Teknik Pembelajaran IPS SD  dengan menggunakan Metode Make a Match. Bu Yayuk tidak dapat hadir tepat waktu karena harus menguji sidang skripsi sehingga kelompok saya presentasi terlebih dahulu.. Bu Yayuk masuk ke dalam kelas ketika sesi pertanyaan berlangsung. Ternyata kelompok kami masih banyak kekurangannya karena tidak menjelaskan mengenai pendekatan saintifik pada kurikulum 2013.
Pertemuan selanjutnya tanggal 8 Maret 2016 Bu Yayuk memberikan materi mengenai Model Pembelajaran Talking Stick. Setelah pemberian materi, Bu Yayuk segera mengaplikasikan metode tersebut kepada mahasiswa. Mahasiswa yang mendapatkan stick harus menjawab pertanyaan mengenai candi Prambanan. Hari itu kami sangat senang dapat bernyanyi bersama, dan kami cukup deg-deg an ketika stick dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mimin Dwi Jayanti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor