Selasa, 12 April 2016

Jurnal IPS_2

Diposting oleh Unknown di 00.12


Nama   : Mimin dwi jayanti
NIM    : 150210204089
Kelas   : A
Jurnal ke-2 Pembelajaran IPS 


            Hari ini, Senin tanggal 14 Maret 2016. Materi kuliah diisi oleh presentasi kelompok 4 yaitu Metode pembelajaran menggunakan Talking Stick Kelompok 4 mengambil materi tentang Peninggalan Kerajaan Kutai dan kerajaan Mataram. Bagi teman-teman yang mendapatkan stick harus menjawab pertanyaan dari kelompok 4 mengenai materi peninggalan sejarah kerajaan. Bu Yayuk berpesan kepada kelompok 4 mengenai pertanyaan yang diberikan dimulai dari pertanyaan dasar hingga pertanyaan yang membutuhkan berfikir kritis.
            Hari Selasa tanggal 15 Maret 2016, pada hari itu saya dikejutkan dengan adanya  UTS, karena saya tidak melihat silabus. Saya tidak belajar sebelumnya, sehingga saya merasa khawatir. Tetapi keberuntungan sedang berpihak kepada saya, karena Bu Yayuk memberikan 2 pertanyaan dan mahasiswa diperbolehkan open book. Untung saja soal yang diberikan Bu Yayuk merupakan materi yang saya presentasikan pada tanggal 7 Maret kemarin, satu soal lagi membehas mengenai pengembangan sikap demokrasi anak melalui model pembelajaran Talking Stick.
Hari  Selasa tanggal 22 Maret 2016, Bu Yayuk mengawali perkuliahan dengan bercerita tentang Kunjungan dari Sunan Muria ke kampus PGSD pada hari Senin kemarin. Ternyata program studi PGSD di universitas jember  merupakan program studi terfavorit setelah Kedokteran, namun sayangnya PGSD Unej belum memiliki laboratorium untuk mengajar. Pada hari itu Bu Yayuk memberikan motivasi bahwa seberapa besar rintangan yang terjadi didalam hidup kita, harus tetap dihadapi. sehingga kita harus terus belajar dan belajar, seperti Bu yayuk dalam mencapai mimpinya juga terdapat berbagai rintanga, namun beliau mampu menghadapinya.
Pada hari Senin tanggal 28 Maret 2016, kuliah hari ini diisi oleh presentasi kelompok 5 mengenai keterampilan dalam membuat pertanyaan. Sebelumnya penyaji menjelaskan biografi dari tokoh RA.Kartini, Ir.Soekarno dan Soetomo. Pada hari itu saya mendapatkan pelajaran ingin meneladani RA Kartini yang tangguh untuk menjunjung tinggi derajat wanita. Kelak saya ingin menjadi wanita karier yang mampu membangun sekolah. Kemudian kelompok 5 memberikan berbagai pertanyaan mulai dari cognitive memory question, convergent question, divergen question dan evaluative question, yang membuat suasana seru, kelompok 5 membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok harus beradu tanding dengan kelompok lain.
Hari Selasa tanggal 29 Maret 2016, Bu Yayuk mengisi kuliah dengan memberikan materi hubungan antara 4 macam pertanyaan dengan teori Bloom Taxonomy. yaitu kemampuan mengingat, memahami, menerapkan dan evaluasi. Pada hari itu saya kurang dapat mengikuti perkuliahan karena saya duduk dikursi belakang sehingga tidak mampu melihat slide dengan jelas. Saya hanya mendengarkan Bu yayuk dan termotivasi untuk dapat menjadi seperti beliau yang mampu menulis esay. Saya kagum dengan Bu yayuk yang selalu bersikap ramah dengan semua mahsiswa dan sering mengajak mahasiswa untuk bekerjasama dalam membuat proyek.
Hari Senin tanggal 4 April 2016, merupakan kelompok 6 untuk presentasi. Topik yang mereka bahas adalah pembelajaran Roll playing, kelompok 6 menunjuk audiens untuk bermain peran. Cerita yang diambil adalah cerita Malin Kundang. Hari itu saya mendapatkan nilai berharga, sesukses apapun kita, sebagai seorang anak harus tetap menghargai orang tua, khususnya seorang ibu.
Hari Selasa tanggal 5 April 2016, Bu Yayuk memberikan materi mengenai Historical Analysis and Enterpretation. Pada materi tersebut, Bu yayuk mengajak kami untuk berfikir lebih tinggi Selain itu, saya mendapakan tips dari Bu Yayuk untuk selalu menulis peristiwa apapun yang pernah kita alami, seperti Bu yayuk yang selalu merekam semua peristiwa yang terjadi pada beliau, melalui sebuah tulisan karena beliau selalu membawa notebook (buku catatan).
Hari Senin, tanggal 11 April 2016 merupakan presentasi  kelompok 7 mengenai analisis Masjid Agung yang ada di Demak. Dari pembelajaran tersebut saya mendapatkan informasi , bahwa atap pada Masjid Agung ada 3 yang melambangkan iman, islam dan ihsan. Masjid Agung Demak ini memiliki 6 buah jendela yang melambangkan rukun 6, memiliki 5 buah pintu yang melambangkan rukun islam. Dulu masuknya islam dijawa disebarkan secara perlahan-lahan melalui budaya seperti wayang kulit, tembang, nyanyian dan lain-lain.
Pada hari Selasa, tanggal 12 April 2016, Bu Yayuk memberikan materi Keanekaragaman Sumber Daya Alam di Indonesia. Jenis SDA terdiri dari SDA asli dan SDA buatan. Contoh SDA asli adalah air, tanaman, angin, sinar matahari. Sedangkan contoh SDA buatan adalah sawah. Menurut cerita bu Yayuk bahwa di Amerika sangat kagum dengan sawah. Bu yayuk berpesan kepada kita apabila kita mempunyai cita-cita harus yakin, dan mau berusaha serta mencari orang yang tepat untuk dapat membantu dan mengarahkan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mimin Dwi Jayanti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor