Sabtu, 14 Mei 2016

Jurnal IPS ke 3

Diposting oleh Unknown di 18.39


Nama   : Mimin Dwi Jayanti
NIM    : 150210204089
Kelas   : A

Jurnal ke-3 Pembelajaran IPS 


          Pada tanggal 18 April 2016 merupakan presentasi kelompok 8 mengenai Sumber Daya Alam. Dari presentasi tersebut terdapat beberapa contoh sumber daya alam baik alami dan buatan. Kelompok 8 juga memaparkan contoh sumber daya alam yang ada di papua. Penyaji bercerita bahwa makanan pokok orang papua adalah sagu, dan hebatnya mereka tidak pernah kekurangan bahan baku sagu. Penyaji juga menampilkan rumah adat honai yang berasal dari Papua. Pada pertemuan tersebut Bu Yayuk berpesan kepada kita agar tidak menjadi orang pintar saja tetapi juga cerdas. Bangsa Indonesia membutuhkan orang-orang yang cerdas dan berkualitas.

            Pada hari Selasa tanggal 19 April 2016, Bu Yayuk  mengisi perkuliahan dengan materi Model Pembelajaran Problem Solving. Ada 3 elemen aktivitas problem solving yaitu menghadirkan masalah, memberikan pertanyan dan arahan, member cara yang kreatif untuk berbagai penemuan. Pada kesempatan itu Bu yayuk menyuruh setiap kelompok untuk menggambar keadaan rumah apabila seminggu tidak ada peraturan dirumah. Gambar yang dihasilkan harus dikonsultasikan dan diACC oleh BuYayuk.setelah mendapatkan ACC kita disuruh menggambar pada kertas yang lebih besar lagi untuk dipresentasikan minggu depan.
            Hari Selasa tanggal 3 Mei 2016.perkuliahan di isi dengan mempresentasikan gambar yang telah dibuat beserta pemecahannya. Salah satu solusi yang tepat adalah tidak membebankan semua pekerjaan rumah pada  seorang ibu saja, namun semua anggota keluarga memiliki kewajiban dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah.pada akhir perkuliahan Bu Yayuk menyuruh perwakilan mahasiswa untuk menyampaikan pesan dan kesan selama belajar dengan beliau, karena hari ini merupakan pertemuan terakhir mata kuliah pendidikn IPS.
            Hari Senin tanggal 9 Mei 2016, perkuliahan di isi dengan melanjutkan presentasi kelompok yang belum maju untuk mempresentasikan hasil gambarnya terkait dengan tidak adanya  peraturan dirumah selama seminggu. Kemudian Bu Yayuk memberikan feed back bahwa pentingnya sharing responsibility (berbagai tanggung jawab). Tidak semua pekerjaan rumah dilimpahkan kepada ibu saja,akan tetapi jmenjadi tugas seluruh anggota keluaraga untuk ikut berperan dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah, sehingga perlunya dibuat peraturan secara detail mengenai tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga tanpa memandang perbedaan gender. Setelah itu Bu yayuk menjelaskan mengenai tugas UAS yaitu menganalisis soal yang ada disekripsi dengan 4 judul yang berbeda.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mimin Dwi Jayanti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor