Kamis, 09 Juni 2016

LHD Perspektif Global

Diposting oleh Unknown di 19.33


LAPORAN HASIL DISKUSI

1.    Identitas Kelompok Penyaji
a.    Nama Kelompok                       : Kelompok Empat Belas
b.    Nama-namaAnggota     :          
1.            FillailiAhadiaMaghfirotin                  (150210204050)
2.            MiminDwijayanti                              (150210204089)
3.            Restu Ryan Wicaksono                     (150210204078)
c.    Anggota tidak hadir                  : Ifiana Alfi Majidah / 150210204032
d.    Nama Moderator                      : Fania Narulita / 150210204090
e.    Hari/tgl. Diskusi                        : Kamis, 19 Mei 2016
f.     WaktuDiskusi                            : Jam 08.50 s/d Jam 10.30

2.    Proses dan Hasil Diskusi
a.    Pentanyaan 1 (Risnu Akbar NIM 150210204013)
Bagaimana menyikapi sikap individualistik yang tidak membutuhkan orang lain dalam era globalisasi ini ?
Jawaban:
Sikap Individualisme merupakan sikap mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain, bahkan sampai melupakan kodrat mereka sebagai makhluk sosial. Indvidualis dapat memberikan dampak negatif seperti kehilangan rasa solidaritas terhadap sesama, egoisme yang tak terbatas, terasingkan dalam kehidupan sosial dan kesulitan dalam bersosialisasi.
Sikap kita dalam menghadapi individualis, kita tidak boleh melupakan kodrat kita sebagai makhluk sosial yang mungkin sewaktu-waktu kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu, individualis tidak sesuai dengan ideologi Negara Indonesia yaitu pancasila. Selain itu juga seorang guru atau pendidik dapat berperan dalam mengembangkan model pembelajaran dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan harapan mampu bekerja sama satu sama lain, sehingga mengurangi ego masing-masing.
( Mimin Dwi Jayanti / 150210204089)
Tambahan :
Untuk menyikapi sikap individualistic, seorang guru harus menanamkan nilai[nilai pancasila kepada peserta didik, dengan menerapkan nilai pancasila tersebut akan membentuk peserta didik sesuai dengan harapan bangsa dan tidak memiliki sikap individualistik.  (Kurnia Intan/150210204026)

b.    Pertanyaan ke 2 (Safrida Visma Ristalia NIM 150210204053)
Apa yang dimaksud dengan modal sosial?
Jawaban :
Modal sosial adalah bagian-bagian dari organisasi sosial seperti kepercayaan, norma dan jaringan yang dapat meningkatkan efisiensi masyarakat dengan memfasilitasi tindakan-tindakan yang terkoordinasi. Modal sosial juga didefinisikan sebagai kapabilitas yang muncul dari kepercayaan umum di dalam sebuah masyarakat atau bagian-bagian tertentu dari masyarakat tersebut. Selain itu, konsep ini juga diartikan sebagai serangkaian nilai atau norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok yang memungkinkan terjalinnya kerjasama.
(FillailiAhadiaMaghfirotin / 150210204050)

c.    Pertanyaan 3 (Afan Muhammad Kharisma NIM 150210204069)
Perubahan apa yang terjadi pada industri komunikasi yang disebabkan oleh perkembangan teknologi?
Jawaban :
Perubahan yang sangat terlihat adalah, manusia semakin merasa ketergantungan dengan  perkembangan teknologi yang tak lagi kuno. Semakin canggihnya teknologi, semakin mudahnya pula untuk mengakses dan berbagi informasi. Manusia tak lagi merasa untuk terus bertemu dengan manusia lainnya dalam membagikan dan menerima informasi, karena dengan teknologi mereka mudah saja untuk mengakses informasi atau sekedar berbincang-bincang melalui telepon, chatting, sms atau apapun bentuknya yang tak terbatas oleh jarak dan waktu.
Perkembangan teknologi membantu media menjadi mudah di akses tak lagi harus menunggu jam tayang atau harus pulang kerumah untuk menonton televisi, sekarang acara-acara televisi dan radio sudah dapat dinikmati melalui streaming, atau dari aplikasi yang tersedia di gadget bahkan di mobil. Meskipun teknologi tak selalu bersifat baik, ini juga dapat membuat audience rentan salah tangkap dengan informasi atau komunikasi yang diterima oleh si pengirim.
(Restu Ryan Wicaksono / 150210204078)
d.    Pertanyaan 4 (Ariftian Hidayatul Asyari NIM 150210204134)
Bagaimana melestarikan permainan tradisional dalam era globalisasi!
Jawaban :
Cara kita untuk dapat melestarikan permainan tradisional yaitu dibutuhkan peran orang tua, yaitu orang tua tidak membelikan mainan seperti I-phone atau gadget kepada anak yang masih berusia dibawah 5 tahun, apabila sang anak sudah memiliki gadget yang berisi game online, orang tua perlu memberikan peraturan berupa batasan waktu untuk bermain misalnya satu jam, sehingga orang tua wajib untuk meberikan proteksi dan pengawasan kepada anak. Apabila orang tua tidak memberikan batasan waktu maka anak akan ketagihan dan merusak kesehatan mata anak,
Selain itu orang tua dapat mengajak anak ke taman bermain, dimana disana terdapat permainan tradisional seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan lain lain, anak juga dapat bermain gobak sodor, petak umpet bersama teman sepermainannya.
Peran guru juga sangat dibutuhkan dalam melestarikan permainan tradisional yaitu melalui model pembelajaran berbasis games yaitu melalui puzzle sehingga mampu melatih ketelitian dan kesabaran siswa, dengan permainan sederhana lainnya mampu memberikan nilai karakter pada siswa.
(Mimin Dwi Jayanti/150210204089)
Tambahan :
a.    Romi Alfa Hidayat NIM 150210204076
Tidak semua game online berdampak buruk, dengan bermain COC pada permainan online mampu memupuk rasa kerjasama yang tinggi
b.   Weni Ayu Lestari NIM 150210204135
Memang benar, tidak semua game online berdampak buruk pada anak, akan tetapi dapat mengakibatkan ketergantungan atau kecanduan pada game online, sehingga anak kurang bias mengatur waktu dengan baik,
c.    Anggi Dwi Prayitno NIM 150210204137
Sewaktu saya masih kecil, saya pernah bermain PS, dan disitu saya menemukan adanya nilai kebersamaan dan pada game online juga terdapat permainan yang mendidik dan dapat digunakan sebagai pembelajaran anak.
d.   Tri Wijayanti NIM 150210204094
Saya setuju apabila anak diberikan game online dengan pengawasan orang tua, sehingga anak juga mampu merasakan adanya kemajuan zaman, dan saya juga setuju peran guru untuk melestarikan permainan tradisional juga dibutuhkan misalnya melalui model pembelajaran seperti menggunakan puzzle, dll.
3.    Kesimpulan Diskusi
a.       Salah satu dampak negative dari globalisasi yaitu adanya sikap individulalistik yang menyebabkan tidak peduli dengan orang lain, cara kita menyikapinya dengan menumbuhkan kesadaran pada diri kita bahwa kita merupakan makhluk sosial dan memerlukan  orang lain dalam melaksanakn kehidupan kita.
b.      Modal sosial merupakan konsep serangkaian nilai atau norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok yang memungkinkan terjalinnya kerjasama.
c.       Perubahan yang sangat terlihat pada industry komunikasi yang disebabkan oleh perkembangan jaman yaitu manusia semakin merasa ketergantungan  dengan  perkembangan teknologi yang tak lagi kuno. Semakin canggihnya teknologi, semakin mudahnya pula untuk mengakses dan berbagi informasi.
d.      Cara untuk melestarikan permainan tradisional dibutuhkan peran orang tua dalam memprotek dan mengawasi anak dalam memilih permainan, serta dibutuhkan peran guru dalam menggunakan model pembelajaran yang berbasis games.
4.    Hal-hal yang BelumTerselesaikan/Terjawab dalam Diskusi
( tidak ada )


                                                                  Jember, 19 Mei 2016

                                                                              Dosen Pembina,



Description: Sulthon
 




Prof. Dr. H. M. SULTHON MASYHUD, M.Pd.
NIP 19590904 198103 1 005

                                             



0 komentar:

Posting Komentar

 

Mimin Dwi Jayanti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor